cara agar otomatis kipas radiator jupiter mx

Kali ini saya akan membahas tentang mengotomatiskan kipas radiator jupiter mx , ini haya jupiter mx yg fullwave/dc aja, kalo yg ac ane belum coba, karna punya saya fullwave pake kiprok tiger,...


Kipas radiator tidak pernah menyala/ mau ganti termostat,thermosensor gk ada kocek, ini tips paling ampuh dan sangat mudah, biaya sedikit manfaat sngat ampuh.
Setelah saya riset dari penelitian elektronik manfaat nyala kipas radiator ini sangat berguna, tanpa menggunkan aki atau pakai swit, ini mesin nyala kipaspun nyala, mesin mati kipaspun mati, jika motor on tapi mesin gak nyala ya kipas yo gk nyala, lhawong listriknya dari sepul/altenator .

Siapkan alat2 sesuai kebutuhan, sembarang sak gelemmu bongkar.
anda tahu kabel kuning di sepul, yg menghubungkan lampu pijar utama saat motor masih menganut AC ?
lha itu ,kan kabelnya nganggur gk kepake ,ente putus kabel kipas radiator warna biru, lalu pasangkan di kabel kuning di sepul itu.









Ni ane ukur pake tester digital kabel kuning di positif, negatif di rangka, hasilnya 5 volt kalo langsam, kalo di gas smpei redline turun 2volt, aman kan.
Setelah ane telusur smpei ke tukang dinamo, kipas radiator mx itu mampu menerima maximal 15 volt, jika melebihi bisa apa ya. Kempuan kipas radiator di 2-5volt sudah layak di buat harian dan awet, kipaspun berputarnya normal, gak terlalu kenceng kayak tornado, jadi bisa buat pendingqinan yg stabil.









Ni kelistrikan aman, tetep 14 volt keatas pengisian aki.


Uptade terbaru setelah ane riset pake dioda 1 ampere, tegangan berubah jadi 7 volt keatas, sampei di geber2 tetap 7 volt, aman kan.



Ni pakai dioda 1 ampere di kabel biru, cuma 1 dioda saja, dan dioda itu kalo di aliri listrik maka akan panas.


Comments

  1. gan mau anya nih kalo indikator suhu menyala saat rpm naik itu kenapa ya? kejadian itu trjadi setelah motor diservice tolong infonya dan tolong kasih solusinya trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya itu di karbu, sensor tps nya di cek dulu.

      Delete
  2. gan kalw sistem kelistrikannya masih menganut ac ap bisa at seperti itu? { menghidupkan kipas radiator dari spul?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, tapi lampu pijar akan redup, solusinya pakai ic 7808 beli di toko elektronik,.murah cuma 3rb. gunanya ic buat menurunkan daya, kalo tanpa ic tegangan 14volt, kalo pakai ic 8volt, jadi putaran kipas gak akan sekencang tanpa ic, putaran norma. pasang ic di kabel kontak coklat, lalu pasangkan di kabel biru kipas. kalo belum jelas.bisa di ketik di gogle tentang pasang ic 78xx.

      Delete
  3. Gan mohon info nya donk??
    Saya ubah arus njmx ke dc...
    Setelah berhasil,,ko indikator temperatur guage (gambar kunci merah) di spido nya terus saat kunci kontak on..
    Biasanya kan nyala terus berkedip dan mati..
    Itu yg salah apa nya yach gan??

    ReplyDelete
  4. Maksud nya nyala terus saat kontak on..
    Mohon info nya gan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di cek tpsnya, tps berada dikarbu, dulu ane juga kayak ente, tapi daripada mumet kabel yg sedululuran sama radiator ane putusin semua, jadi skarang gak ada kabel bawaan radiator. Ane rakit sendiri kabel radiatornya.

      Delete
    2. Itu karburator nya pernah di buka songket sensor nya ga pas

      Delete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. Gan ane bukan mekanik dan ane cuma tau sedikit tentang mesin si kuda mx saya.
    Jadi mohon bantuan info ny,
    Masalah kipas radiator itu kita tinggal mindahin ke kabaal kuning kiprok atau kabel kuning yg langsung dari spul.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kabel kuning kiprok itu jalurnya kabel kuning sepul. Kalo mindahinnya di kuliti kabelnya, jangan di putus kabelnya, lalu di sambung kabel biru radiator.

      Delete
  7. Di cek tpsnya, tps berada dikarbu, dulu ane juga kayak ente, tapi daripada mumet kabel yg sedululuran sama radiator ane putusin semua, jadi skarang gak ada kabel bawaan radiator. Ane rakit sendiri kabel radiatornya.

    ReplyDelete
  8. bos klo pake cdi brt yg imax buat mx yg karbu,kipas kemaren nyla pas aki ngdrop ga nyala,pas ganti aki baru ga nyala jg.kenapa ya bos

    ReplyDelete
    Replies

    1. Maaf baru bales, skarang ane pakai sketsa di web ini http://infomotuba.blogspot.com/2015/03/tips-otomotif-membuat-electric-fan-yang.html?m=1

      Delete
    2. Gan boleh nanya ngak...motor saya otomatis nya ngk mau ,jadi kabel nga saya sambung aja ke kontak.klu motor hidup kipas nya hidup klu mesin ngk hidup tapi kontak on maka kipas hidup terus...gmn cara perbaiki otomatis nya gan

      Delete
    3. Gan boleh nanya ngak...motor saya otomatis nya ngk mau ,jadi kabel nga saya sambung aja ke kontak.klu motor hidup kipas nya hidup klu mesin ngk hidup tapi kontak on maka kipas hidup terus...gmn cara perbaiki otomatis nya gan

      Delete
    4. This comment has been removed by the author.

      Delete
    5. Mohon di bantu gan...gmn cara perbaiki otomatis kipas radiator gan,

      Delete
    6. Mohon di bantu gan...cara perbaikin otomatis kipas radiator gan,,

      Delete
  9. Gan, ente pake kiprok tigernya brand apa?
    Oz kemaren ane pake yg pukuy4m4 malah over carger ke akinya lampu pada putus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haahaha punya ane kw china mass,.made in china, alhamdulillah ampe skarang awet

      Delete
  10. Bang, mau nanya kalo air radiator dari bawah gak naik ke atas kenapa ya??? Jdi motor sering over head

    ReplyDelete
    Replies

    1. Tutup radiator ya mass, tutup radiator sangat berperan penting menyikulasi air radiator.
      Ganti tutup radiatornya nomer 0.9 , ane pakai itu sirkulasi air jadi mantab dan seal water pump awet.

      Delete
  11. Gan kalau boleh tau langkah2nya gimana??

    ReplyDelete
  12. gan kenapa lampu indikator radiator saya kaga mau nyala biasanya nyala trus mati eh skrng kontak on mati solusinya dong gmna gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan tps nya mas, bisa di cari di mbah gogle, atau lampunya putus

      Delete
  13. ini udah agustus gan ane masih mumet yang nyambung di kiptok apa gak papa

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha saya udah lupa mas, saya baca artikel sendiri kaga nyambung jadinya

      Delete
  14. ganti sensor kipas kira2 berapa y gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. murah mas, relay kipas 25rb, thermoswit 100rb

      Delete
  15. gan sayah mau tanya kipas ladiator sayah mati gmna cara nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. putus kabel biru di kipas, lalu sambungkan kabel kipas di kebel lampu kota. pakai ic7208, pasangnya bisa di cari di mbah gogle. kenapa pakai ic karna buat muternya gak terlalu kenceng kipasnya.

      Delete
    2. Gan mau nanya...biasa nya kipas hidup klu mesin udh panas...tapi motor saya hidup terus klu di hidup in kontak nya gan...kenapa ya gan

      Delete
  16. Gan mx saya udah t ganti blok vixion.biar + enak tarikanya enak korex karbu/ gnt noken as gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. ganti noken aja, kalau ganti karbu nanti tps nya mubazir,boros. kecuali ganti cdi racing+ganti karbu.

      Delete
  17. Gan ane brusan open filter motor ane, cmn pas ane nyalain tuh mtor kipasnya kgk nyala, itu knp yaa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kipas nyala pada saat suhu panas aja mas, kalau udah max, maka kipas akan berputar secara otomatis. kalau kipas tak berputar maka, bisa di cek thermoswitnya, copot lalu panaskan dengan air didih atau dengan korek, ngeceknya jangan di cabut kabel dari bodynya.

      Delete
  18. Bro bukany keluaran dri spull itu masih ac yah..
    Jadi dc kalau di beri dioda..
    Tra juga th kipas bukanny 12v dc yah..
    Setau ane sih klw kipas 12v di beri voltase yg kurang putaranny jd berat/pelan klw lebih dri 12v maka putaran lebih cepat..
    Tp bukanny akan berefek panas dalam jangka panjangny untuk gulungan kipasny. Karena medan magnetny kurang akibat kurang voltase.. Atau bisa medan magnetny terlalu besar untuk voltase melebihi voltase yg sudah untung gulungan itu..
    Sepertiny lama kelamaan akan merusak gulungan kipasnny bro

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kayaknya gan,.makanya sekarang saya menjumper kabel lampu kota buat muterin kipas.

      Delete
    2. Iya kayaknya gan,.makanya sekarang saya menjumper kabel lampu kota buat muterin kipas.

      Delete
    3. saya korban...kipas jadi meleleh..he

      Delete
  19. Soalny ane juga mau ngakalin nih mesin dah bore up karbu dh pe. Jadi dps ga maen kipas kaga mau nyala. Akhirny ane jumper dri relay langsung..
    Cuma masalahny kipas tetap hidup meski kontak off..

    Ente ada rangkain kelistrikan kipas radiatorny ga bro.. Ane mau modif tp msh bingung rangkaian bawaan nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kabel biru kipas potong aja, jumper ke lampu kota, terus pakai ic7208, biar gak terlalu kenceng muternya, ane sekarang pakai yg ini.

      Delete
  20. Gan kipas radiator motor saya ga muter saya cek sensor sma otomatis yg dkt kiprok pake kabel nyala gan kira2 apa penyebab nya gan kipas radiator ga muter tp sensor sma otomatis nya bgus?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek thermostatnya gan, thermostatnya belakangnya themorswit. Thermostat mungkin gak main.

      Delete
    2. Sama gan ane juga gtu. Saat mesin panas Indikator panas yg nyala.. kipas ma kagak. Setelah motor jalan kenak angin mati tuh indikator. Gan.. tersmostat posisinya dmana ya gan. Apakah yg dblok mesin pake kunci 19 buka nya? Atau kah ditempat lain? Boleh pencerahannya gan..

      Delete
  21. Bosku saya punya mx nih. Kalo kipas nya pngen nyala terus itu nyambungin nya ke kabel yang mana ? Tapi kalo kipas nya nyala trus apa gk apa apa tah?

    ReplyDelete
  22. Trus klw montor laju di atas 40 km kn udah dapet angin dr depan knp jg susah2 ngidupin kipas radiator(mengingat fungsi kpas sendri akan berputar ktika suhu 30% d bawah suhu max sensor cdi 😂 klw ane punya tips ndiri,, soalnya udah ane praktekin dr dulu, sambung aj kipas radiator sma switch gigi perneling 1-2,, di gigi rendah banyak kemungkinan suhu mesin cepat naik krn kurangnya hempasan angin dr depan,, dan di gigi rendah sering terjebak macet di kota2,,, g ada kan masuk gigi 4 jalan 20km/j 😂

    ReplyDelete
  23. gan klo boleh tau tinggal dmane ? hehehe klo paham banget sama njmx,boleh ga klo ane service di nte ? hehehe ane ga pham motor,mekanik juga jarang yg paham njmx -____- ane dari jaksel gan...salam kenal gan

    ReplyDelete
  24. Kalo punya saya ditester itu sampek 200 bos, tapi meski mesin panas gak nyala, kenapa ya bos
    Mohon penjelasannya

    ReplyDelete
  25. Kalo punya saya ditester itu sampek 200 bos, tapi meski mesin panas gak nyala, kenapa ya bos
    Mohon penjelasannya

    ReplyDelete
  26. Sore gan motor and jptr MX JG NIH waktu and jajalin bagus pake dioda 1 amp, tp knp uda 1 thn lbh ane pake baru skrg lmp indikator nyala trus pas wkt jl, ane sdh ganti dioda sm air radiaotor smpai 2 minggu sekali iTunes masalahnya knp ya gan tolong solusinya dong trim

    ReplyDelete
  27. Kipas radiator mati, Lampu indikator panas saya nyala trus padahal udah ganti termostat, solusinya dong Gan?

    ReplyDelete
  28. Malam gan sorry malam2 ane mau tanya setelah pasang dioda 1 ampe bagus knp sekarang ko jd mati ya kipas radiator nya, pdhal ane sdh ganti diodanya

    ReplyDelete
  29. gan mau nanyak ni, kipasnya bergantung gak sama aki soalnya aki sy mati jadinya biar pun suhu mesin tinggi gak nyala2 itu kipas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kipas nya tergantung sama aki, relay, otomatis nya

      Delete
  30. Mas kalau kipas radiator rubah ke jalur ac pake dioda 12 volt bisa? Semua lampu motor gua dah dc.

    ReplyDelete
  31. Katanya kalau fullwave motor yamaha ga perlu rubah spull
    Kalau honda,suzuki wajib ubah soul
    Apa info ini benar??

    ReplyDelete
  32. Gan, gmna kalo pas kita nyalain kontak. Kipas nya lgsung nyala dan gak mati mati. Penyebab nya apa ya. Dan ada efek nya nggak.??

    ReplyDelete
  33. Mas tanya, mtor saya mx old, udah ganti cdi aftermarket karna cdi yg asli klo dibawa gas datar suka nembak nembak kecil suaranya, stlah ganti cdi lgsg ilang, tapi kipas radiator cpet nyala, mungkin 1km jalan aja bisa lgsg nyala, ga sperti cdi asli, itu knapa ya mas?
    Mhon bantuannya
    Btw ini cdi merk mitsuda

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts