memaksimalkan pengapian atau memperbesar pengapian motor jupiter mx
Cara memaksimalkan pengapian jupiter mx
Kali ini saya akan posting riset saya yg beberapa hari saya kerjakan dengan matang2 sama selimut tetangga. Hehehehe
Ingin pengapian motor mx anda besar, tanpa ganti cdi, atau dompet anda cekak, atau muka anda berwajah pas2an kayak mas super dede. Hahahaha
Tak perlu basi basi ,kita lanjut ke topik utama, pengapian besar sangat di perlukan di motor cdi dc, sehingga pengapian yg sempurna akan mendongkrak tenaga dan akselerasi, juga menghemat BBM, karna di dalam silinder terbakar abis oleh api busi yg besar.
+Ganti koil kharisma, ane pake koil ini katanya, ini cuma katanya lho ,bukan sumber dari saya. tegangan output 35000volt, koil standar 15000volt, so semakin tinggil tegangan koil semakin irit,bertenaga dan ngacir.
+Busi terserah anda, mau pake mana aja boleh, tapi ane pake ngk power platinum.
+Cop busi pakai yg racing, karna tidak ada resitornya, atau cop busi ori di buang resitornya, cara membuangnya tinggal di ketik di google aja. Resistor itu hambatan listrik ,jadi 35rb volt jadi 25rb volt. Kurang maksimalkan.
+Pakai relay buat aki menuju cdi, ingat nomer 87 sama 30 di kasih kabel tembaga yg besar biar arusnya gede, segede ontong.
Kabel coklat cdi di putus, itu kabel 12volt yg mondar mandir melewati kabel bodi sehingga arusnya gak semaksimal mungkin, kalo di kasih relay menuju ke aki, ya semakin mantab. Laptop ane rusak lcdnya, jadi ane gambar aja. Kalo masih belum ngerti cari di mbah google tentang cdi pakai relay.
Ni seluk beluk nomer dan nama peran cdi, di cari mx mu yang mana.
+Ganti kabel cdi warna orange yg menuju koil, ganti kabel yg besar. Anda potong tu kabel warna orange yg di soket cdi, ingat potong pas tengah kabel, jangan terlalu mepet soket, pokoknya biar pas saat menyambung kebel baru.
+Pasang groundstrap di kabel koil.
+Pasang elco 10000 uf 50volt 2 biji di aki, terserah mau berapa biji, katanya semakin banyak semakin bagus. Kalo tak tahu cari di mbah google tentang pasang elco di aki motor.
Dijika semua di atas sudah menerapkan maka anda harus menyetel angin karburator, jika tidak di setel ,kemungkinan merusak komponen mesin. Kalo tak bisa menyetel karbu di wajibkan ke bengkel terdekat.
Ini semua sumber dari internet, jika ada kurang jelas bisa di cari ke google, di jamin ketemu boss
Setelah semuanya selesai tinggal di test, motor ane standar akselerasi cepat, top speed mudah di raih, di test jarak 300 meter top speed 120km di spedo, cepet naik to. Limiter tembus di 10000RPM di tachometer saya,ini tachometer variasi, ane juga gak menambah nambahkan hasilnya memang begitu, jika tidak akurat ya jangan di pikir yg penting saya meriset, tapi ane juga penasaran bisa tembus berapa jika di dynotest.
Ni vidionya
Kadang ada orang membanding badingin topspeed, mx bore up vixion topspeednya 140km, vixion cuma 130km, beda tipis. spedometer itu tak pernah akurat dalam hal apapun, yg akurat itu dynotest sama gps. Percuma membading bandingi topspeed tanpa amal kebaikanmu bro. Waspadalah di jalan, dan hati2 kalo melihat dijalan, apalagi kalo di belakang truck pengangkut ayam.
Ingat ya beda joki dan beda motor itu hasilnya tak sama, tergantung takdir motor anda dan amalmu.
Gan ane mah mau tanya yg lain.
ReplyDeleteItu tachometer beli dmn? Hehe
Di toko variasi banyak, merk TDH
DeleteGan, saya udah ganti kabel dari cdi ke koil dengan kabel lebih besar. Kabel listrik 400 volt. Efeknya busi jadi kering padahal mainjet udah ukuran 152.karbu pe 28 ama cdi b*t. Mantab
ReplyDeleteKabelnya yg serabut. Makasih infonya gan
Deletemantab......
DeleteGan mau nanya, jupiter mx saya paki cdi shogun dan koil karisma. Bagaimana cara membuat kelistrikannya agar kipasnya bisa otomatis lagi. Thx
ReplyDeletepotong kabel biru di kipas, lalu sambungkan di lampu kota. dan buat serangkaian ic7208, bisa di cara di mbah gogle. gunanya ic buat kipas gak terlalu keceng mainnya.
Deletebengkel yg buka jasa setting kaya gini ada mas?
ReplyDeleteHahahaha pasti ada mas, biasanya club2 mx.
Deletekabel bodi mx apa mengeluarkan arus dc gan? kok kalau di tes pakai lampu kok nyala ya
ReplyDeleteKabel body warna apa mas ?
DeleteMx 2006 itu arusny ac ya bos
ReplyDeleteArusnya semi dc, hanya di lampu pijar yg ac, lainnya dc
DeleteGan ane punya mx 2007 tapi yg ane ini boros banget ya pdahal belum ane robah tuhh mesin ama karbu nya
ReplyDeleteTapi boros nya pake ya
Tolong gan solusi nya
Gan ane punya mx 2007 tapi yg ane ini boros banget ya pdahal belum ane robah tuhh mesin ama karbu nya
ReplyDeleteTapi boros nya pake ya
Tolong gan solusi nya
Biasanya pengapian kurang bagus, bisa dicek di koil, busi, cdi. Kalo karbu bisa disetting anging 2 putaran
DeleteGan, motor ane mx 2006 knapa klo ga pake aki motor ga bisa hidup ya
ReplyDeleteAduh.... Aneh2 aja mas, cdi mx kan dc, harus pake aki dong, bisa2 kiprok sama cdi rusak
DeleteBang ukuran bang yang lu pake berapa ? Sama velg nya sekalian saranin bang
ReplyDeleteVelg ukuran 1.60 depan belakang. Ban depan 60/80, ban belakang 80/80
DeleteTolong di bantu bang soket cdi mx standar mau liat contoh kabelnya
ReplyDeleteKabelnya sama persis di keterangan mas.
DeleteMas kalo setel angin karbu pe28 di mx berapa putaran bukaannya.piston saya 61 mm
ReplyDeleteSaya tidak tau mas, kan mesin berbeda beda.
DeleteGan CDI REXTOR kalo pake aki mesin langsung off gak mau hidup sama sekali, solusi gan
ReplyDeleteBisa jadi cdi nya rusak om
DeleteDi terapkan di New jupiter mx bisa gak gan? Sama gak rangkaiannya?
ReplyDeleteSama boss, mx new kelistrikan sama dengan old.
DeleteKabel body mx new di pasang di mx old berarti bisa ya bang
ReplyDeleteKabel body mx new di pasang di mx old berarti bisa ya bang
ReplyDeleteBg mau nanyak nih saya punya MX old Uda pakai piston Vixion ..tapi pengapian di busi kok kecil x ya bang..mohon saran nya bang..
ReplyDeleteBang jupiter mx sya th 2013 dikasih elco di accu pas disent kok mati bang
ReplyDelete