ganti boring jupiter mx/vixion dengan tanam boring

Saya akan mengposting/artikel tentang pembuatan boring jupiter mx/vixion, biaya jadi irit dan suara mesin tetap halus.
Pertama saya akan cerita dulu, bagi para pengguna jupiter mx/vixion jika anda membeli blok mesin maka anda harus cermati, karna blok jupiter mx/vixion ada yg produk gagal, saya juga mengalami hal yang sangat apes sekali, masak memakei blok 1PA sudah keluar asap parahnya lagi baru 4 hari, benar2 edan.






Kalo soal ireyen ya jelas tau saya, 4 hari Cuma jalan 30km/jam jarak 10km’an itu sudah keluar asap dan suara mesin bagian blok berbunyi ‘kletek-kletek’ ternyata usut punya usus blok 1PA lubangnya terlalu besar sehingga piston bisa bergerak atas bawah kiri kanan, piston baret dan seher baret juga. Saya beli blok vixion di bengkel resmi, tapi saya mengbongkar di bengkel teman saya,lalu saya komplain sama operatornya,ternyata dia tak mau menerima resiko di luar bengkelnya,, sialan amat beres itu, Cuma mau untung aja.
 Akhirnya saya nanam boring baru di blok 1PA ,seher standar, karna seher std ada yg oversize tapi yang buat bukan yamaha, yang buat NPP. Hehehehehe  Jadi gak usah kawatir tentang oversize karna ada NPP yg lebih murah kualitas japan.





Biaya jadi banyak, dan soyo stres . begini kalo gila bore up.



pembongkaran





penampakan vixion bloky




SEKEDAR INFORMASI = Bore up jupiter mx pake piston kit vixion aja Cuma 340an kebawah, hehehehe, saya lupa harganya tapi saya inget harga piston 140ribuan,ring piston 120ribuan, pen 15ribuan insya allah harganya segitu, blok vixion 290ribuan.
Tapi jika ingin irit sak puollllee... blok bawaan jupiter mx di tanam boring, irit ratusan ribu pokok e, datang aja ke tukang bubut beri piston vixion. Pasti dia tahu, maka akan di buatkan pasti.
Menanam boring biayanya sekitar 130ribuan wilayah kediri, kalo bengkel lainnya saya tidak tahu, beda bengkel beda harga.  Kalo ingin kuat boringnya/ingin awet pemakeian boring bisa menerapkan boring diesel, karna boring diesel ini beda sama boring motor dan kualitasnya bagus, pemasangan boring ini sekitar 300ribuan keatas. Memang sih mahal tapi bisa bertahan lama, truck mitsubishi 120ps saya sudah 9 tahun sejak oversize sampei sekarang masih ehem ehem  dan ser ser aja.. hehehe

ketahan boring buatan tukang bubut itu tergantung keadaan, tapi gak usah khawatir, lihat tu motor tiger revo,scorpio, dan motor2 lainnya yg memakei blok konvensional/tanam boring bisa bertahun2an kan, .yang penting teliti pemakeian OLI, dan jangan kebut2an kayak motor drag. Dren dren crus....
Bagi pecinta touring atau perjalanan jauh pemakeian boring ini sangat kuat gak bakalan terjadi masalah pada motor anda, karna masih berfungsi radiatornya yg mendinginkan mesin, mesin jadi dingin terus beda jauh sama pendingin udara. jadi anda gak usah khawatir. Motor tiger aja tiap minggu touring dan gak kenapa2 tu bloknya. Hahahaha
sebenarnya saya muales nulis posting ini, tapi saya ingin berbagi informasi, karna saya suka banget online/lihat2 blog,website yang membbuat saya semakin tahu tentang masalah2 yg ada. Jadi saya membuat postingan ini agar kalian tahu tentang masalah2 pada motor anda,
ilmu harus di bagi bagi... hehehehe


sekian presentasi saya/artikel, jika ada kesalahan penulisan saya minta maaf.
Wassalamualaikum......






Comments

  1. Bro jup mx ku dah aku boringin ketukang bubut tpi cuma std 135cc. Nah stlh pemakian agak lama. Suara tek tek di mesin slalu ada dan kemarin timbul air raditor campur ke oli mesin. Nah pas buat mudik oli bercampur air kluar dri bak mesin bagian kiri atas. Dekat gear depan. Warna putih lendir. Kenaapa raditorku jg gk fungsi pas aq berkendara jauh jg. Mohon pencerahanya. Thanks

    ReplyDelete
  2. Edy..bisa juga packing head g rapat jadi water coolant rembes ke mesin..

    ReplyDelete
  3. maaf, lama tak memasuki blog sendiri. yg di katakan masbro wisnu itu benar, anda harus kebengkel yg benar2 ahli dalam hal menangani air radiator di motor, karna jarang bengkel yg mengetahui tentang air radiator, bengkel harus mengecek apakah seal waterpump normal, atau paking head sudah tak bocor. karna dari kedua tersebut jika tak di tangani bisa mungkin air colant masuk ke mesin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas teguh bisa kah saya minta no wa atau pin bbm anda saya mau sedikit sering

      Delete
    2. Saat tanam boring,,boringan nya di lebihi setebal paking seng.
      Mencagan bocor kompres akibatnya air radiator masuk ke oli

      Delete
  4. Bro tdi brusan saya sdah boring block mx saya sdah gnti ring piston tpi knpa kok masih ngasap ??

    ReplyDelete
  5. Bro tdi brusan saya sdah boring block mx saya sdah gnti ring piston tpi knpa kok masih ngasap ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. ganti boring itu harus ke bengkel bubut yg benar2 profesional atau udah terkenal hebatnya, karna blok mx,vixion berbahan almini(boso jowo), jadi jika di tanam boring harus center,persisi,dan pas. jika boring miring dan gak persisi maka kemungkinan timbul masalah lain, punyaku skarang masih baik2 saja, tapi suara mesin jadi sedikit kasar. recomendasi pake ring piston ori atau ring piston untuk motor racing.

      Delete
  6. Brow kediri jual sukucadang mx koplit daerah mn..?

    ReplyDelete
  7. Brow kediri jual sukucadang mx koplit daerah mn..?

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. Kota kedidi banyak gan, daerah jalan dhoho, DGB motor, jalan arah pasar pahing, depan MAN 3.

    ReplyDelete
  10. Replies
    1. Baja kayaknya, awet,. Sudah 1 lebih beberapa bulan masih oke aja

      Delete
    2. Baja kayaknya, awet,. Sudah 1 tahun lebih beberapa bulan masih oke aja

      Delete
    3. Kalau udah ganti boring sama piston vixion jadi speck berapa om?

      Delete
    4. Ya itu seperti mx old saya tanam buring kasi piston vixion dan lebih enak lagi punya saya di kasi kabilator rx king 100 dan kampas kopling punya honda supra jadi bisa enak tarikan nya jos banget sentek ndangak

      Delete
  11. total berapa tanem bouring sama piston kit npp os 50

    ReplyDelete
  12. Bro klo piston nya pake new megapro yg monoshock enak ta gan...??

    ReplyDelete
    Replies


    1. Kurang tau mas, harus di lihat ketinggian piston sama ukuran pen nya, hanya bengkel yg bisa mengukur ketepatan piston.

      Delete
  13. @mas bro tegyh enjoy,,
    Pean kediri mana mas?
    Bisa service sepeda jupiter mx ane ta?
    Soalnya jupiter mx ane suaranya "kemleteekg2 gak karuan kayak mesin singkal sawah"����
    Padahal sudah ane booring mas,tp gk tahan lama
    Siapa tau pean bisa bantu��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe ane gak bisa mas,,, ane sopir antar kota, jarang di rumah. Rekomendasi ke bengkel umum/racing, insyaallah teratasi penyakit motornya, dulu punya saya juga parah, ganti piston kit, stang, klaher bandul kanan kiri.

      Delete
  14. Gan mx saya pakae vixion.biar lbh enak tarikan.enak korex karbu/gnt noken as gan

    ReplyDelete
  15. Sippp,mantaf jiwa,,stelan convesionl/mnual lbih enk n banter,,klu injeksi modalnya gede skrng lg boming yg injeksi d rubh karbu,,,yg pkk viksi klu bisa pkk piston cbr,cz mantaf n krbunya pkk PE,,modal dikit d CDI,,klu d injeksi alamt ez
    ,,hadeeeeewwww,,,

    ReplyDelete
  16. Salam mesin JAHAT,bnyak skrng tmn" yg gnti hluan untuk pindah dri injecsi k karbu tpi CDI nya d blikn yg bgus conth CDI SHOGUN NO LIMITSSSSS,,,n skrng musim viksi pkk blok aluminium cor,,tpi ttp ad jlur untuk LC jg muat seker gede,,jiaaahaaahaa,,silinder kop ttp pd orinya,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boss mau nanya,klok blokk jupiter mx old dikasih piston tiger bisa ngk boss

      Delete
  17. Salam mesin jahat
    Ni jejak q fb gabriellighting

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan mesinnya yg jahat tapi yang punya jahat. karna sudah mengkawinkan paksa. hahahahaha
      salam juga

      Delete
  18. bang smpean kediri mana, saya lg nyari bengkel yg tepat buat mx nih.. rekomen bengkel area mana.. #fastrespon

    ReplyDelete
  19. bang smpean kediri mana, saya lg nyari bengkel yg tepat buat mx nih.. rekomen bengkel area mana.. #fastrespon

    ReplyDelete
    Replies
    1. cari bengkel yang rame gan, terus mekaniknya juga dikit tua karna berpengalaman, jangan yg muda, nanti di malpraktik

      Delete
  20. mas ada wa gak nih, mau tanya2 :)😄

    ReplyDelete
  21. Salam satu aspal bang dari pengguna mx di jalur bandung, jawa barat hehe

    ReplyDelete
  22. Mas sdikit mnta referensinya dounq,ane mau upgread mexi ane pake seher vixi, kira lbih bgus mana borinq k tukanq bubut apa bli blok vixi ajh yg tinggal pake

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bingun juga saya gan, punya saya pakai boring besi tukang bubuy, syukurlah udah 3 tahun lebih masih aman, kemarin radiator rembes di paking head, syukurlah gak ada baret boring besi dan seher npp. Mending rekomendasi ke bengkel langganan anda dulu Kalo mau ganti boring baru.

      Delete
  23. Maff ni gan saya juga pakai mx tahun 2010
    Kemaren mx saya ngasep, setelah ganting ring piston aja asep nya hilang dan tidak ada suara kletek

    ReplyDelete
  24. Saya boleh bertanya.!
    Aku kan punya motor jupiter mx 2006.mau aku ganti blok vixon tapi mau aku upgrade. Pertanyaannya air radiator masuk ke seher tidak..! Kan bloknya di upgrade pasti nipis banget itu..!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aman mas, masih tebel bloknya, teman2 saya pakai mx blok overhoul aman2 jaya,sampai ada yg piston 58mm. Pengalaman saya air radiator rembes di mesin itu karna kroposnya head silinder. Punya saya kemarin papras 1mm di headnya.

      Delete
  25. Jupe mx ane ganti block vixi ori yamaha 1 tahun ampek ganti 3x,gae wong mlarat. padahal makek nya udah ane awet2 kaya bpk2 naik motor. Ganti gak lama bunyi tektektek kaya mesin bajak sawah. Mau tanem buring tempat ane mahal 350 belum lagi beli piston nya. Mau ganti imitasi takut kualitas, mau pake ori udah kapok.. Juancokk gae kantong kering.
    Ada kah yg punya solusi masbro..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin klepnya mas bro kmren sya jgk gitu v pmakaiannya harian sma racing

      Delete
    2. Bisa di cek stang sehernya om, biasanya kocak, sampai ganti seher bolak balik. Pengalaman saya dulu juga gitu kayak om, ternyata biangnya stang koclok.

      Delete
  26. bro klok jup mx pkek noken as kawahara trus piston diameter 60 moto 1 kira2 aman gk klok d pkek harian n racing bloknya vxion udh d tanem boring solusinya gmna bro trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum mencoba om, kayaknya itu udah spek racing harian. Kalo fatal menguras kantong

      Delete
  27. Master minta pencerahan nya...mx new 2014 saya sudah tanam boring.kenapa air radiator nya jadi cepet panas.belum di pake baru di panasain kipas radiator sudah nyala.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Copot aja termostatnya. Kalo gak tau bisa di klik google copot termostat mx atau youtube

      Delete
  28. Kalau pakai piston seher perlu di coak ndak kang blok standart mx lama.. Noken as perlu modifikasi jg gak... Mohon bimbingannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo itu yg tergantung speknya gimana, kalo buat harian ya jangan dicoak. Mending konsul ke bengkel langganan

      Delete
  29. Aku mau tanya mas aku kan punya bureng mx udah shok jadi diameter 57.3 isi megapro mono seher e merk npp .apakah aku pasang ke speda ku awet ga ya mas.? Mnta solusi nya .??

    ReplyDelete
  30. Lebih memuaskan lgi ganti silinder baja bro.aman asal sering kontrol oli dan sil radiator gg bocor.udah 3 tahun motor ane masih ajip aje.dulunya udah waleh beli blok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengalaman saya menghancurkan blok2 mesin motor, semuanya kayaknya baja om, kalo baru pasang blok itu juga baja. Yg penting persisinya dan pas, pasti awet.

      Delete
  31. boring saya aus mas dan jebol tiba2 mati,, langkah yg hrus dlakukan apa ya ganti boring apa tanam boring ya...makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Overheat nama nya. Mesin kepanasan. Mslh bisa karna air radiator tidak fungsi. Bisa air habis masuk ke mesin. Seal waterpump jebol. Bisa karna thermostat udh ga fungsi. Dan bisa karna oli mesin jarang ganti. Ganti boring pake yg ori standar lagi aja beli satu set

      Delete
  32. Ane pengguna mx 2007. Blok pake 62 mm. Udah satu set sm piston set nya. Itungan cc jadi 178. Alhamdulillah aman dipake kmna aja. Asal pengapian di naikin sm bahan bakar. Karbu pake pe 28. Cdi pake rps 20000 rpm beserta koil nya. Bearing kruk as faito racing kiri kanan. Bearing noken as kawahara. Per klep cld racing. Asal bisa korek nya insya allah aman. Mekanik ane sndiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini ni paling mantab, ane sendiri mekanik belajar. Kalo gak bisa ya bawa ke temen bengkel, kalo bisa ya dikerjain sendiri. Hahahaha mantab mxnya, super power.

      Delete
  33. Bro ini mx ku 2006 kmren bru beli tp kok swaranya mesin brisik ya..klatak klatak.kir@" apanya ya trs.klu dbnerin hbs brpa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengalaman saya, bisa jadi stang seher, kopling kurang rapat, klep, roller klep

      Delete
  34. Kalo masukan piston vixion ke jupiter mx tu gak da ngaruh ke blok nya kan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gaklah, blok mx masih bisa dilebokne seher vixion

      Delete
  35. Shaaringnya selalu yg terbaik..salam 1 aspal....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang aspal dan cor beton jalannya. Hahaha

      Delete
  36. Bang saya mau nanya .. Saya punya motor mx lama thn 2008.. Klo pake blok vixion.. Vixion nya yang taun berapa.. Maaf bang masih belajar..

    ReplyDelete
  37. Sekedar tau aja mas bro, ane pake blok vixi kurang memuaskan saat RPM bawahnya,lebih aman make yg standarnya aja, RPM bwahnya jos bnget hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya perlu ganti koil yg lebih besar output pengapiannya, dan pengalaman saya pakai seher vixion wajib potong magnet 0. 5-1 mm dan ganti koil tirev/karisma. Nanti rasakan jambat monyet. Hahaha

      Delete
  38. Kampas kopling buat MX new apa y gan,,,yg enak,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Katanya di blog2 dan media social make kampas honda om

      Delete
  39. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  40. Maaf masbro,bengkel recommended di daerah Kediri di mana ya? Untuk masalah kolter dll?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kolter bubut itu biasanya yg paling terkenal di pare, namanya kalo gk salah, pak to atau no, saya lupa

      Delete
  41. Itu blok nya ganjal brapa mm bos

    ReplyDelete
  42. Sampean rumahnya kediri ya?. Kalau iya boleh dong share2 tentang pengalaman jupiter mx. Soalnya saya dah habis 1jt 500 buat bore up.tapi tetep aja gak ngacir

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya kediri ujung barat tarokan, namanya juga modif boss, dana sebesar apapun kalo kita gak cocok/kurang puas pasti kita kira kurang maksimal. Sabar ya boss, biasanya pengalaman jadi berkah.

      Delete
  43. Bro knpa ya sesudah saya ganti boroing pake vixion motor mx saya suka bersuara kaya yang niup peluit kalo udah dpake aga lama..apa pengaruh sama radiatornya..mohon pencerahannya🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu kayaknya seal waterpumpnya boss, minta diganti

      Delete
  44. Maaf mau tanya mas.. saya dari jakarta.. saya mau upgrade jupiter mx old saya pakai blok vixion.. kalo udah terpasang, berapa lama waktu reyen mesin nya mas? Supaya matang dan siap di geber.. soalnya minggu depan saya mau bawa ke banten.. jadi ada selang waktu 1 minggu.. apa kah itu cukup buat pematangan mesin mas? Mohon sarannya.. terimakasih🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo reyen itu tergantung dari putar gas boss, jangan sering2 betot gas dulu, dibawa santai aja walaupun jauh.

      Delete
  45. Infonya manteb.
    Bisa di buat praktek nih
    Kalo buat standatan harian cuma oversize 100-150 aman kan om pakek tanem boring ?

    ReplyDelete
  46. 3 bulan yg lalu sy beli 1 paket blok piston ring .... pemakaian 3 hari timbul suara ketukan blok piston ....dan.di bonkar lg ternyata blok nya longgar padahl baranya baru

    ReplyDelete
  47. Assalamu'alaikum om saya mau tanya apakah bisa kalo blok mx old saya udh gores di tanem boring terus di kasih piston set vixion jawaban nya om di tunggu masih pemula

    ReplyDelete
  48. membebaskan mesinnya brapa bg

    ReplyDelete
  49. Bang gw ganti blok standar Jupiter MX tapi kw kira kira tahan brp lama ya?

    ReplyDelete
  50. Boring mitsubishi 120ps... Bener gak tuh

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts