ganti boring jupiter mx/vixion dengan tanam boring
Saya akan
mengposting/artikel tentang pembuatan boring jupiter mx/vixion, biaya jadi irit
dan suara mesin tetap halus.
Pertama saya akan
cerita dulu, bagi para pengguna jupiter mx/vixion jika anda membeli blok mesin
maka anda harus cermati, karna blok jupiter mx/vixion ada yg produk gagal, saya
juga mengalami hal yang sangat apes sekali, masak memakei blok 1PA sudah keluar
asap parahnya lagi baru 4 hari, benar2 edan.
Kalo soal ireyen ya
jelas tau saya, 4 hari Cuma jalan 30km/jam jarak 10km’an itu sudah keluar asap
dan suara mesin bagian blok berbunyi ‘kletek-kletek’ ternyata usut punya usus
blok 1PA lubangnya terlalu besar sehingga piston bisa bergerak atas bawah kiri
kanan, piston baret dan seher baret juga. Saya beli blok vixion di bengkel
resmi, tapi saya mengbongkar di bengkel teman saya,lalu saya komplain sama
operatornya,ternyata dia tak mau menerima resiko di luar bengkelnya,, sialan
amat beres itu, Cuma mau untung aja.
Akhirnya saya nanam boring baru di blok 1PA
,seher standar, karna seher std ada yg oversize tapi yang buat bukan yamaha,
yang buat NPP. Hehehehehe Jadi gak usah
kawatir tentang oversize karna ada NPP yg lebih murah kualitas japan.
Biaya jadi banyak,
dan soyo stres . begini kalo gila bore up.
pembongkaran
penampakan vixion bloky
SEKEDAR INFORMASI =
Bore up jupiter mx pake piston kit vixion aja Cuma 340an kebawah, hehehehe,
saya lupa harganya tapi saya inget harga piston 140ribuan,ring piston
120ribuan, pen 15ribuan insya allah harganya segitu, blok vixion 290ribuan.
Tapi jika ingin
irit sak puollllee... blok bawaan jupiter mx di tanam boring, irit ratusan ribu
pokok e, datang aja ke tukang bubut beri piston vixion. Pasti dia tahu, maka
akan di buatkan pasti.
Menanam boring
biayanya sekitar 130ribuan wilayah kediri, kalo bengkel lainnya saya tidak
tahu, beda bengkel beda harga. Kalo
ingin kuat boringnya/ingin awet pemakeian boring bisa menerapkan boring diesel,
karna boring diesel ini beda sama boring motor dan kualitasnya bagus,
pemasangan boring ini sekitar 300ribuan keatas. Memang sih mahal tapi bisa bertahan
lama, truck mitsubishi 120ps saya sudah 9 tahun sejak oversize sampei sekarang
masih ehem ehem dan ser ser aja.. hehehe
ketahan boring
buatan tukang bubut itu tergantung keadaan, tapi gak usah khawatir, lihat tu
motor tiger revo,scorpio, dan motor2 lainnya yg memakei blok konvensional/tanam
boring bisa bertahun2an kan, .yang penting teliti pemakeian OLI, dan jangan
kebut2an kayak motor drag. Dren dren crus....
Bagi pecinta
touring atau perjalanan jauh pemakeian boring ini sangat kuat gak bakalan
terjadi masalah pada motor anda, karna masih berfungsi radiatornya yg
mendinginkan mesin, mesin jadi dingin terus beda jauh sama pendingin udara.
jadi anda gak usah khawatir. Motor tiger aja tiap minggu touring dan gak
kenapa2 tu bloknya. Hahahaha
sebenarnya saya
muales nulis posting ini, tapi saya ingin berbagi informasi, karna saya suka
banget online/lihat2 blog,website yang membbuat saya semakin tahu tentang
masalah2 yg ada. Jadi saya membuat postingan ini agar kalian tahu tentang
masalah2 pada motor anda,
ilmu harus di bagi
bagi... hehehehe
sekian presentasi
saya/artikel, jika ada kesalahan penulisan saya minta maaf.
Wassalamualaikum......
Bro jup mx ku dah aku boringin ketukang bubut tpi cuma std 135cc. Nah stlh pemakian agak lama. Suara tek tek di mesin slalu ada dan kemarin timbul air raditor campur ke oli mesin. Nah pas buat mudik oli bercampur air kluar dri bak mesin bagian kiri atas. Dekat gear depan. Warna putih lendir. Kenaapa raditorku jg gk fungsi pas aq berkendara jauh jg. Mohon pencerahanya. Thanks
ReplyDeleteSeal water pump jebol tu
ReplyDeleteEdy..bisa juga packing head g rapat jadi water coolant rembes ke mesin..
ReplyDeletemaaf, lama tak memasuki blog sendiri. yg di katakan masbro wisnu itu benar, anda harus kebengkel yg benar2 ahli dalam hal menangani air radiator di motor, karna jarang bengkel yg mengetahui tentang air radiator, bengkel harus mengecek apakah seal waterpump normal, atau paking head sudah tak bocor. karna dari kedua tersebut jika tak di tangani bisa mungkin air colant masuk ke mesin.
ReplyDeleteMas teguh bisa kah saya minta no wa atau pin bbm anda saya mau sedikit sering
DeleteSaat tanam boring,,boringan nya di lebihi setebal paking seng.
DeleteMencagan bocor kompres akibatnya air radiator masuk ke oli
Bro tdi brusan saya sdah boring block mx saya sdah gnti ring piston tpi knpa kok masih ngasap ??
ReplyDeleteBro tdi brusan saya sdah boring block mx saya sdah gnti ring piston tpi knpa kok masih ngasap ??
ReplyDeleteganti boring itu harus ke bengkel bubut yg benar2 profesional atau udah terkenal hebatnya, karna blok mx,vixion berbahan almini(boso jowo), jadi jika di tanam boring harus center,persisi,dan pas. jika boring miring dan gak persisi maka kemungkinan timbul masalah lain, punyaku skarang masih baik2 saja, tapi suara mesin jadi sedikit kasar. recomendasi pake ring piston ori atau ring piston untuk motor racing.
DeleteBrow kediri jual sukucadang mx koplit daerah mn..?
ReplyDeleteBrow kediri jual sukucadang mx koplit daerah mn..?
ReplyDeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeleteKota kedidi banyak gan, daerah jalan dhoho, DGB motor, jalan arah pasar pahing, depan MAN 3.
ReplyDeleteMaturnuwun
ReplyDeleteMaturnuwun
ReplyDeleteom linernya pakek apa??
ReplyDeleteBaja kayaknya, awet,. Sudah 1 lebih beberapa bulan masih oke aja
DeleteBaja kayaknya, awet,. Sudah 1 tahun lebih beberapa bulan masih oke aja
DeleteKalau udah ganti boring sama piston vixion jadi speck berapa om?
Deleteya kayak vixion speknya
DeleteYa itu seperti mx old saya tanam buring kasi piston vixion dan lebih enak lagi punya saya di kasi kabilator rx king 100 dan kampas kopling punya honda supra jadi bisa enak tarikan nya jos banget sentek ndangak
Deletetotal berapa tanem bouring sama piston kit npp os 50
ReplyDeleteTanam boring 120rb, npp piston kit 230rb
DeleteBro klo piston nya pake new megapro yg monoshock enak ta gan...??
ReplyDelete
DeleteKurang tau mas, harus di lihat ketinggian piston sama ukuran pen nya, hanya bengkel yg bisa mengukur ketepatan piston.
@mas bro tegyh enjoy,,
ReplyDeletePean kediri mana mas?
Bisa service sepeda jupiter mx ane ta?
Soalnya jupiter mx ane suaranya "kemleteekg2 gak karuan kayak mesin singkal sawah"����
Padahal sudah ane booring mas,tp gk tahan lama
Siapa tau pean bisa bantu��
Hehehehe ane gak bisa mas,,, ane sopir antar kota, jarang di rumah. Rekomendasi ke bengkel umum/racing, insyaallah teratasi penyakit motornya, dulu punya saya juga parah, ganti piston kit, stang, klaher bandul kanan kiri.
DeleteGan mx saya pakae vixion.biar lbh enak tarikan.enak korex karbu/gnt noken as gan
ReplyDeleteSippp,mantaf jiwa,,stelan convesionl/mnual lbih enk n banter,,klu injeksi modalnya gede skrng lg boming yg injeksi d rubh karbu,,,yg pkk viksi klu bisa pkk piston cbr,cz mantaf n krbunya pkk PE,,modal dikit d CDI,,klu d injeksi alamt ez
ReplyDelete,,hadeeeeewwww,,,
Salam mesin JAHAT,bnyak skrng tmn" yg gnti hluan untuk pindah dri injecsi k karbu tpi CDI nya d blikn yg bgus conth CDI SHOGUN NO LIMITSSSSS,,,n skrng musim viksi pkk blok aluminium cor,,tpi ttp ad jlur untuk LC jg muat seker gede,,jiaaahaaahaa,,silinder kop ttp pd orinya,,
ReplyDeleteBoss mau nanya,klok blokk jupiter mx old dikasih piston tiger bisa ngk boss
DeleteSalam mesin jahat
ReplyDeleteNi jejak q fb gabriellighting
bukan mesinnya yg jahat tapi yang punya jahat. karna sudah mengkawinkan paksa. hahahahaha
Deletesalam juga
bang smpean kediri mana, saya lg nyari bengkel yg tepat buat mx nih.. rekomen bengkel area mana.. #fastrespon
ReplyDeletebang smpean kediri mana, saya lg nyari bengkel yg tepat buat mx nih.. rekomen bengkel area mana.. #fastrespon
ReplyDeletecari bengkel yang rame gan, terus mekaniknya juga dikit tua karna berpengalaman, jangan yg muda, nanti di malpraktik
Deletemas ada wa gak nih, mau tanya2 :)😄
ReplyDeletemaaf mas, saya supir, jarang pakai hp.
DeleteSalam satu aspal bang dari pengguna mx di jalur bandung, jawa barat hehe
ReplyDeletesalam juga,dari jalur madiun-surabaya
DeleteMas sdikit mnta referensinya dounq,ane mau upgread mexi ane pake seher vixi, kira lbih bgus mana borinq k tukanq bubut apa bli blok vixi ajh yg tinggal pake
ReplyDeleteBingun juga saya gan, punya saya pakai boring besi tukang bubuy, syukurlah udah 3 tahun lebih masih aman, kemarin radiator rembes di paking head, syukurlah gak ada baret boring besi dan seher npp. Mending rekomendasi ke bengkel langganan anda dulu Kalo mau ganti boring baru.
DeleteBeli boringnya dimana bro?
ReplyDeleteDealer gan, tapi di overhaull ulang
DeleteMaff ni gan saya juga pakai mx tahun 2010
ReplyDeleteKemaren mx saya ngasep, setelah ganting ring piston aja asep nya hilang dan tidak ada suara kletek
Yang penting boring sama piston gak baret gan
DeletePake ring asli kah gan
DeleteSaya boleh bertanya.!
ReplyDeleteAku kan punya motor jupiter mx 2006.mau aku ganti blok vixon tapi mau aku upgrade. Pertanyaannya air radiator masuk ke seher tidak..! Kan bloknya di upgrade pasti nipis banget itu..!
Aman mas, masih tebel bloknya, teman2 saya pakai mx blok overhoul aman2 jaya,sampai ada yg piston 58mm. Pengalaman saya air radiator rembes di mesin itu karna kroposnya head silinder. Punya saya kemarin papras 1mm di headnya.
DeleteJupe mx ane ganti block vixi ori yamaha 1 tahun ampek ganti 3x,gae wong mlarat. padahal makek nya udah ane awet2 kaya bpk2 naik motor. Ganti gak lama bunyi tektektek kaya mesin bajak sawah. Mau tanem buring tempat ane mahal 350 belum lagi beli piston nya. Mau ganti imitasi takut kualitas, mau pake ori udah kapok.. Juancokk gae kantong kering.
ReplyDeleteAda kah yg punya solusi masbro..?
mungkin klepnya mas bro kmren sya jgk gitu v pmakaiannya harian sma racing
DeleteBisa di cek stang sehernya om, biasanya kocak, sampai ganti seher bolak balik. Pengalaman saya dulu juga gitu kayak om, ternyata biangnya stang koclok.
Deletebro klok jup mx pkek noken as kawahara trus piston diameter 60 moto 1 kira2 aman gk klok d pkek harian n racing bloknya vxion udh d tanem boring solusinya gmna bro trima kasih
ReplyDeleteBelum mencoba om, kayaknya itu udah spek racing harian. Kalo fatal menguras kantong
DeleteMaster minta pencerahan nya...mx new 2014 saya sudah tanam boring.kenapa air radiator nya jadi cepet panas.belum di pake baru di panasain kipas radiator sudah nyala.
ReplyDeleteCopot aja termostatnya. Kalo gak tau bisa di klik google copot termostat mx atau youtube
DeleteKalau pakai piston seher perlu di coak ndak kang blok standart mx lama.. Noken as perlu modifikasi jg gak... Mohon bimbingannya.
ReplyDeleteKalo itu yg tergantung speknya gimana, kalo buat harian ya jangan dicoak. Mending konsul ke bengkel langganan
DeleteAku mau tanya mas aku kan punya bureng mx udah shok jadi diameter 57.3 isi megapro mono seher e merk npp .apakah aku pasang ke speda ku awet ga ya mas.? Mnta solusi nya .??
ReplyDeleteLebih memuaskan lgi ganti silinder baja bro.aman asal sering kontrol oli dan sil radiator gg bocor.udah 3 tahun motor ane masih ajip aje.dulunya udah waleh beli blok.
ReplyDeletePengalaman saya menghancurkan blok2 mesin motor, semuanya kayaknya baja om, kalo baru pasang blok itu juga baja. Yg penting persisinya dan pas, pasti awet.
Deleteboring saya aus mas dan jebol tiba2 mati,, langkah yg hrus dlakukan apa ya ganti boring apa tanam boring ya...makasih
ReplyDeleteOverheat nama nya. Mesin kepanasan. Mslh bisa karna air radiator tidak fungsi. Bisa air habis masuk ke mesin. Seal waterpump jebol. Bisa karna thermostat udh ga fungsi. Dan bisa karna oli mesin jarang ganti. Ganti boring pake yg ori standar lagi aja beli satu set
DeleteBetul itu kata om septo.
DeleteAne pengguna mx 2007. Blok pake 62 mm. Udah satu set sm piston set nya. Itungan cc jadi 178. Alhamdulillah aman dipake kmna aja. Asal pengapian di naikin sm bahan bakar. Karbu pake pe 28. Cdi pake rps 20000 rpm beserta koil nya. Bearing kruk as faito racing kiri kanan. Bearing noken as kawahara. Per klep cld racing. Asal bisa korek nya insya allah aman. Mekanik ane sndiri.
ReplyDeleteIni ni paling mantab, ane sendiri mekanik belajar. Kalo gak bisa ya bawa ke temen bengkel, kalo bisa ya dikerjain sendiri. Hahahaha mantab mxnya, super power.
DeleteBro ini mx ku 2006 kmren bru beli tp kok swaranya mesin brisik ya..klatak klatak.kir@" apanya ya trs.klu dbnerin hbs brpa ya
ReplyDeletePengalaman saya, bisa jadi stang seher, kopling kurang rapat, klep, roller klep
DeleteKalo masukan piston vixion ke jupiter mx tu gak da ngaruh ke blok nya kan
ReplyDeleteGaklah, blok mx masih bisa dilebokne seher vixion
DeleteShaaringnya selalu yg terbaik..salam 1 aspal....
ReplyDeleteSekarang aspal dan cor beton jalannya. Hahaha
DeleteBang saya mau nanya .. Saya punya motor mx lama thn 2008.. Klo pake blok vixion.. Vixion nya yang taun berapa.. Maaf bang masih belajar..
ReplyDeleteVixion apa saja masuk om.....
DeleteSekedar tau aja mas bro, ane pake blok vixi kurang memuaskan saat RPM bawahnya,lebih aman make yg standarnya aja, RPM bwahnya jos bnget hehe
ReplyDeleteBiasanya perlu ganti koil yg lebih besar output pengapiannya, dan pengalaman saya pakai seher vixion wajib potong magnet 0. 5-1 mm dan ganti koil tirev/karisma. Nanti rasakan jambat monyet. Hahaha
DeleteKampas kopling buat MX new apa y gan,,,yg enak,,,
ReplyDeleteKatanya di blog2 dan media social make kampas honda om
DeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeleteMaaf masbro,bengkel recommended di daerah Kediri di mana ya? Untuk masalah kolter dll?
ReplyDeleteKolter bubut itu biasanya yg paling terkenal di pare, namanya kalo gk salah, pak to atau no, saya lupa
DeleteItu blok nya ganjal brapa mm bos
ReplyDeleteTidak saya ganjal mas.
DeleteSampean rumahnya kediri ya?. Kalau iya boleh dong share2 tentang pengalaman jupiter mx. Soalnya saya dah habis 1jt 500 buat bore up.tapi tetep aja gak ngacir
ReplyDeleteSaya kediri ujung barat tarokan, namanya juga modif boss, dana sebesar apapun kalo kita gak cocok/kurang puas pasti kita kira kurang maksimal. Sabar ya boss, biasanya pengalaman jadi berkah.
DeleteBro knpa ya sesudah saya ganti boroing pake vixion motor mx saya suka bersuara kaya yang niup peluit kalo udah dpake aga lama..apa pengaruh sama radiatornya..mohon pencerahannya🙏
ReplyDeleteItu kayaknya seal waterpumpnya boss, minta diganti
DeleteMaaf mau tanya mas.. saya dari jakarta.. saya mau upgrade jupiter mx old saya pakai blok vixion.. kalo udah terpasang, berapa lama waktu reyen mesin nya mas? Supaya matang dan siap di geber.. soalnya minggu depan saya mau bawa ke banten.. jadi ada selang waktu 1 minggu.. apa kah itu cukup buat pematangan mesin mas? Mohon sarannya.. terimakasih🙏
ReplyDeleteKalo reyen itu tergantung dari putar gas boss, jangan sering2 betot gas dulu, dibawa santai aja walaupun jauh.
DeleteInfonya manteb.
ReplyDeleteBisa di buat praktek nih
Kalo buat standatan harian cuma oversize 100-150 aman kan om pakek tanem boring ?
3 bulan yg lalu sy beli 1 paket blok piston ring .... pemakaian 3 hari timbul suara ketukan blok piston ....dan.di bonkar lg ternyata blok nya longgar padahl baranya baru
ReplyDeleteAssalamu'alaikum om saya mau tanya apakah bisa kalo blok mx old saya udh gores di tanem boring terus di kasih piston set vixion jawaban nya om di tunggu masih pemula
ReplyDeletemembebaskan mesinnya brapa bg
ReplyDeleteBang gw ganti blok standar Jupiter MX tapi kw kira kira tahan brp lama ya?
ReplyDeleteBoring mitsubishi 120ps... Bener gak tuh
ReplyDelete